<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?><rss version="2.0"
xmlns:content="http://purl.org/rss/1.0/modules/content/"
xmlns:wfw="http://wellformedweb.org/CommentAPI/"
xmlns:dc="http://purl.org/dc/elements/1.1/"
xmlns:atom="http://www.w3.org/2005/Atom"
xmlns:sy="http://purl.org/rss/1.0/modules/syndication/"
xmlns:slash="http://purl.org/rss/1.0/modules/slash/"
><channel><title>biaya komisi penjualan adalah &#8211; Kerjayuk.com</title><atom:link href="/tag/biaya-komisi-penjualan-adalah/feed/" rel="self" type="application/rss+xml" /><link>https://kerjayuk.com</link><description>Situs tentang karir, bisnis, pemasaran, branding, kepemimpinan dan inspirasi.</description><lastBuildDate>Sun, 15 Jan 2023 05:27:20 +0000</lastBuildDate><language>en-US</language><sy:updatePeriod>hourly</sy:updatePeriod><sy:updateFrequency>1</sy:updateFrequency><generator>https://wordpress.org/?v=6.7.1</generator><image><url>/wp-content/uploads/2020/05/Ky.jpg</url><title>biaya komisi penjualan adalah &#8211; Kerjayuk.com</title><link>https://kerjayuk.com</link><width>32</width><height>32</height></image> <item><title>Apa artinya komisi penjualan? Pengertian, jenis dan contohnya</title><link>/bisnis/apa-artinya-komisi-penjualan-pengertian-jenis-dan-contohnya/</link><dc:creator><![CDATA[]]></dc:creator><pubDate>Sun, 15 Jan 2023 05:27:20 +0000</pubDate><category><![CDATA[Bisnis]]></category><category><![CDATA[apa artinya komisi penjualan]]></category><category><![CDATA[apa itu komisi penjualan]]></category><category><![CDATA[apakah komisi penjualan koreksi fiskal]]></category><category><![CDATA[beban komisi penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[biaya komisi penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[bisnis]]></category><category><![CDATA[contoh komisi penjualan]]></category><category><![CDATA[diterima komisi penjualan jurnal umum]]></category><category><![CDATA[jenis komisi penjualan]]></category><category><![CDATA[jurnal komisi penjualan]]></category><category><![CDATA[komisi hasil penjualan tanah]]></category><category><![CDATA[komisi jual beli ipot]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan adalah contoh biaya tetap]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan apakah kena pajak]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan apakah kena ppn]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan apartemen]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan barang konsinyasi neto]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan barang konsinyasi neto adalah]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan berapa persen]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan blibli]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan dalam akuntansi]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan dalam laporan laba rugi]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan di shopee]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan dipotong pph]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan gudang]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan iconnect]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan iconnet]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan kena pajak]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan kena pajak apa]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan kena pph 23]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan kena ppn]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan lazada]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan masuk akun apa]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan masuk ke akun apa]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan mobil]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan mobil baru]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan mobil honda]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan mobil sales]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan motor]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan motor honda]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan pajak]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan pph 21]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan pph 23]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan properti]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan ruko]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan rumah]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan rumah menurut islam]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan rumah ray white]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan secara pajak]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan sepeda motor]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan shopee]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan tanah]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan termasuk biaya apa]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan tiktok shop]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan tokopedia]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan untuk orang pribadi]]></category><category><![CDATA[komisi penjualan yang masih harus dibayar]]></category><category><![CDATA[komisi untuk penjualan rumah]]></category><category><![CDATA[komisi untuk penjualan tanah]]></category><category><![CDATA[pajak atas komisi penjualan luar negeri]]></category><category><![CDATA[pajak komisi penjualan luar negeri]]></category><category><![CDATA[pajak komisi penjualan orang pribadi]]></category><category><![CDATA[pengertian dari komisi penjualan]]></category><category><![CDATA[pengertian komisi penjualan]]></category><category><![CDATA[perhitungan pajak komisi penjualan orang pribadi]]></category><guid isPermaLink="false">/?p=10101</guid><description><![CDATA[Ada beberapa struktur pembayaran berbeda yang digunakan pemberi kerja untuk memberi kompensasi kepada karyawan mereka, di antaranya adalah komisi. Kesempatan untuk mendapatkan komisi dapat membantu Anda meningkatkan gaji Anda berdasarkan kemampuan Anda untuk mencapai di tempat kerja. Dalam artikel ini, kami menjelaskan konsep komisi dan memberikan contoh cara kerjanya dalam situasi yang berbeda. Apa artinya &#8230;]]></description><content:encoded><![CDATA[<p>Ada beberapa struktur pembayaran berbeda yang digunakan pemberi kerja untuk memberi kompensasi kepada karyawan mereka, di antaranya adalah komisi. Kesempatan untuk mendapatkan komisi dapat membantu Anda meningkatkan gaji Anda berdasarkan kemampuan Anda untuk mencapai di tempat kerja. Dalam artikel ini, kami menjelaskan konsep komisi dan memberikan contoh cara kerjanya dalam situasi yang berbeda.</p><h3>Apa artinya mendapatkan komisi?</h3><p>Menghasilkan komisi berarti bahwa sebagian dari gaji Anda didasarkan pada jumlah pendapatan penjualan yang Anda hasilkan atau sasaran berbasis kinerja serupa lainnya. Beberapa posisi sepenuhnya berbasis komisi, artinya karyawan hanya memperoleh penghasilan jika mereka melakukan penjualan. Lainnya menggabungkan tingkat pembayaran tetap dengan persentase komisi yang lebih kecil untuk memberikan stabilitas sambil tetap menawarkan insentif untuk melakukan penjualan. Anda bisa mendapatkan komisi individu atau komisi bersama, yang berbeda sebagai berikut:</p><h4>Komisi bersama</h4><p>Komisi bersama berarti bahwa semua karyawan berdasarkan komisi mendapat manfaat jika seluruh tim memenuhi target penjualan. Misalnya, sebuah department store mungkin memberi semua karyawan komisi 5% setiap periode pembayaran jika mereka secara kolektif memenuhi tujuan penjualan tertentu. Dengan komisi bersama, tidak masalah siapa yang melakukan penjualan karena setiap orang akan mendapatkan tingkat komisi yang sama.</p><h4>Komisi individu</h4><p>Pengusaha menghitung komisi individu berdasarkan kasus per kasus. Sistem umum untuk menghitung komisi individu adalah setiap karyawan memiliki akun atau kode yang mereka gunakan untuk memproses penjualan. Ini menunjukkan kepada pemberi kerja karyawan mana yang bertanggung jawab untuk setiap penjualan, memungkinkan mereka untuk secara akurat menghitung persentase atau tarif tetap yang mereka peroleh.</p><h3>Bagaimana cara kerja komisi?</h3><p>Pengusaha umumnya menghitung komisi berdasarkan setiap periode pembayaran dan memasukkannya ke dalam gaji karyawan, meskipun beberapa perusahaan memberikan komisi sebagai lump sum pada akhir kuartal atau bahkan tahun fiskal. Ketentuan bagaimana mereka menghitung komisi harus diatur dengan jelas dalam tawaran pekerjaan. Majikan menghitung penjualan yang dihasilkan setiap karyawan dan menyesuaikan gaji mereka berdasarkan angka penjualan mereka. Ada tiga struktur komisi utama:</p><p>Komisi tetap berarti bahwa karyawan atau karyawan memperoleh persentase tertentu dari penjualan atau tarif tetap tertentu untuk setiap penjualan terlepas dari berapa banyak yang mereka jual. Seseorang yang membuat komisi 10% akan mendapatkan $1.000 pada penjualan $10.000 dan $5.000 pada penjualan $50.000. Atau wiraniaga dapat memperoleh bonus $100 setiap kali mereka menutup transaksi terlepas dari berapa nilai transaksi tersebut, yang dikenal sebagai biaya penempatan. Keduanya adalah contoh struktur komisi tetap.</p><p>Komisi variabel adalah struktur berjenjang yang memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mendapatkan tingkat komisi yang lebih tinggi jika mereka menjual lebih banyak. Misalnya, seorang karyawan dapat membuat tarif tetap $10 per jam untuk memulai, tetapi tarif itu meningkat menjadi $12 per jam jika mereka menjual setidaknya $2.000 per minggu, $15 per jam jika mereka menjual $5.000 atau lebih per minggu, $20 per jam jika mereka menjual setidaknya $10.000 barang dan seterusnya.</p><p>Demikian pula, seorang karyawan dapat memperoleh persentase komisi yang lebih tinggi pada setiap penjualan saat mereka mencapai sasaran penjualan yang meningkat. Mereka dapat memperoleh komisi 2% untuk semua penjualan hingga $50.000, komisi 4% untuk penjualan yang mereka hasilkan antara $50.000 dan $100.000 dan komisi 6% untuk penjualan di atas $100.000.</p><h4>Bagi hasil</h4><p>Beberapa perusahaan membayar sebagian dari laba kotor mereka pada setiap penjualan sebagai komisi. Ini umum untuk bisnis yang memiliki harga yang bisa dinegosiasikan. Penjual bertujuan untuk menegosiasikan harga tinggi untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan sebagai komisi. Misalnya, sebuah perusahaan mungkin mengambil tarif tetap sebesar $5.000 untuk setiap sistem hiburan yang Anda jual, sehingga Anda dapat menyimpan sisanya. Jika Anda menjual sistem hiburan dengan harga minimum $5.000, Anda tidak akan mendapat komisi. Menjual sistem hiburan seharga $8000 akan memberi Anda komisi $3,000.</p><h3>Pekerjaan yang menghasilkan komisi</h3><p>Sebagian besar pekerjaan yang membayar komisi berbasis penjualan. Berikut adalah beberapa peran umum yang dapat memperoleh pembayaran komisi, baik sendiri atau di atas gaji pokok atau tarif per jam:</p><h4>Agen real estat</h4><p>Agen real estat memperoleh persentase kecil dari total harga jual rumah sebagai imbalan atas daftar layanan mereka dan menunjukkan properti tersebut. Siapa pun yang membeli rumah biasanya adalah orang yang membayar harga komisi, meskipun agen real estat dapat memperoleh komisi terlepas dari apakah mereka mewakili pembeli atau penjual. Mereka mendapatkan komisi setiap kali mereka menutup transaksi penjualan real estat, biasanya sebagai sumber pendapatan eksklusif mereka. Terkadang, agen real estat mengenakan biaya tetap untuk layanan tertentu.</p><h4>Petugas pinjaman</h4><p>Petugas pinjaman yang mengiklankan dan memproses pinjaman untuk lembaga keuangan umumnya mendapatkan komisi sebagai sumber pendapatan utama mereka, meskipun beberapa bank membayar gaji tetap. Saat mengerjakan komisi, petugas pinjaman mendapatkan persentase kecil dari total jumlah pinjaman yang diambil konsumen. Pemberi pinjaman bertanggung jawab untuk membayar komisi, meskipun beberapa faktor dalam perjanjian pinjaman pelanggan.</p><h4>Makelar saham</h4><p>Pialang saham yang memperdagangkan sekuritas dan komoditas keuangan mendapatkan biaya komisi perantara sebagai sebagian besar dari gaji mereka. Orang yang ingin berdagang saham membayar komisi dengan imbalan nasihat keuangan dan transfer akun. Mereka bisa mendapatkan persentase dari perdagangan saham atau biaya tetap tergantung pada ukuran akun.</p><h4>Penjual berbasis telepon</h4><p>Penjualan telepon adalah bidang yang populer untuk mendapatkan komisi, dengan tenaga penjualan yang paling persuasif di pusat panggilan mendapatkan gaji tinggi berdasarkan kemampuan mereka untuk menutup penjualan. Tenaga penjualan berbasis telepon umumnya menghubungi prospek penjualan potensial dengan volume tinggi dan dapat memperoleh persentase yang signifikan dari setiap penjualan untuk menebus waktu yang dihabiskan untuk pelanggan yang tidak tertarik. Pusat panggilan biasanya membayar tarif tetap kecil di samping komisi tinggi untuk memotivasi staf melakukan penjualan.</p><h4>Perwakilan penjualan grosir</h4><p>Perwakilan penjualan grosir bertindak sebagai penghubung antara produsen dan pembeli massal seperti lembaga pemerintah atau gerai ritel. Mereka membantu menegosiasikan harga produk berdasarkan volume dan menentukan inventaris atau opsi pengemasan mana yang dibutuhkan pembeli. Produk grosir biasanya datang dengan persentase menengah dari penjualan kotor sebagai komisi.</p><h4>Penjual eceran</h4><p>Tenaga penjualan dan kasir yang bekerja di gerai ritel juga dapat memperoleh komisi. Toko kelas atas yang membutuhkan pengetahuan luas tentang produk lebih cenderung menawarkan komisi daripada toko yang lebih mendasar di mana pelanggan tidak membutuhkan bantuan.</p><h4>Agen asuransi</h4><p>Agen asuransi mendapatkan tingkat komisi berdasarkan kebijakan yang mereka jual. Ini adalah struktur pembayaran umum untuk asuransi jiwa, asuransi rumah dan asuransi mobil. Agen asuransi mendapatkan komisi persentase awal untuk mendaftarkan seseorang untuk polis baru dan komisi yang sedikit lebih kecil untuk pembaruan.</p><h3>Pertanyaan yang sering diajukan tentang pembayaran komisi</h3><p>Sudah menjadi rahasia umum untuk mengaitkan pembayaran komisi sebagai jumlah yang berfluktuasi berdasarkan kinerja penjualan, tetapi spesifikasinya kurang sederhana dan tidak universal. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dengan jawaban untuk memberikan kejelasan tentang pembayaran komisi:</p><h4>Bisakah Anda menegosiasikan komisi?</h4><p>Beberapa perusahaan mungkin bersedia untuk menegosiasikan tingkat komisi Anda dengan sepersekian persen atau bahkan beberapa poin persentase tergantung pada seberapa menjanjikan Anda terhadap penjualan perusahaan secara keseluruhan. Tidak semua pemberi kerja bersedia untuk menegosiasikan komisi, tetapi mereka yang melakukannya dapat mendiskusikan masalah tersebut pada saat perekrutan atau selama tinjauan kinerja reguler.</p><h4>Apakah tingkat komisi berubah?</h4><p>Tarif komisi dapat berubah jika atasan Anda memiliki struktur komisi yang bervariasi. Untuk struktur komisi tetap, tingkat komisi Anda akan tetap sama kecuali jika karyawan Anda setuju untuk meningkatkan tarif atau persentase tetap, yang memerlukan negosiasi ulang kontrak Anda.</p><h4>Apakah saya harus membayar pajak atas komisi?</h4><p>Karena komisi adalah sebagian atau seluruh gaji karyawan, pembayaran komisi menghadapi pendapatan tetap, pajak negara bagian dan federal. Pengusaha dapat memotong pajak atas komisi saat memproses penggajian.</p><h4>Haruskah saya menerima pekerjaan berbasis komisi?</h4><p>Pekerjaan berbasis komisi bisa sangat menguntungkan, tetapi mungkin juga melibatkan beberapa risiko jika tidak disertai dengan tarif tetap. Saat memutuskan apakah akan mengambil pekerjaan berbasis komisi atau tidak, pertimbangkan kemampuan persuasif dan penjualan Anda secara umum.</p><h4>Apa yang menarik terhadap komisi?</h4><p>Komisi &#8220;Menarik melawan&#8221; adalah cara majikan mendistribusikan kembali komisi penjualan secara merata di seluruh gaji. Pengusaha membayar karyawan mereka berdasarkan asumsi bahwa mereka akan melakukan sejumlah penjualan di masa depan. Tujuan penarikan terhadap komisi adalah untuk memberikan pendapatan yang konsisten selama periode penjualan yang lebih rendah. Misalnya, seorang wiraniaga mungkin mendapatkan sebagian besar komisi mereka selama liburan, jadi majikan menghitung komisi tahunan rata-rata mereka dan membaginya di antara gaji mereka. Jika mereka menjual lebih atau kurang dari yang diharapkan, mereka menyelesaikan jumlahnya dengan majikan mereka dengan membayar mereka kembali atau mendapatkan bonus.</p><h4>Apa itu komisi residual?</h4><p>Komisi sisa adalah komisi berkelanjutan yang diperoleh agen penjualan saat klien mereka melakukan pembelian berulang. Misalnya, mereka dapat memperoleh $100 untuk mendaftarkan klien baru untuk suatu layanan ditambah $20 setiap kali klien memperbarui langganan mereka.</p>]]></content:encoded></item><item><title>Apa itu biaya penjualan?</title><link>/bisnis/apa-itu-biaya-penjualan/</link><dc:creator><![CDATA[]]></dc:creator><pubDate>Mon, 12 Sep 2022 09:09:22 +0000</pubDate><category><![CDATA[Bisnis]]></category><category><![CDATA[apa itu biaya penjualan]]></category><category><![CDATA[apa itu biaya pokok penjualan]]></category><category><![CDATA[apa itu harga jual]]></category><category><![CDATA[apa itu harga jual dan beli emas]]></category><category><![CDATA[apa itu harga jual dan buyback]]></category><category><![CDATA[apa itu harga jual emas]]></category><category><![CDATA[apa itu harga jual kembali]]></category><category><![CDATA[apa itu harga jual produk]]></category><category><![CDATA[apa itu harga penjualan]]></category><category><![CDATA[apa itu harga pokok penjualan hpp]]></category><category><![CDATA[apa yang dimaksud dengan biaya penjualan]]></category><category><![CDATA[apa yang dimaksud dengan harga jual adalah]]></category><category><![CDATA[apa yang dimaksud dengan harga penjualan]]></category><category><![CDATA[apa yang dimaksud dengan harga pokok penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[apakah maksud harga jual]]></category><category><![CDATA[beban penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[beban penjualan apa saja]]></category><category><![CDATA[biaya angkut penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[biaya komisi penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan bareksa]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan bibit]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan blibli]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan cost of sales]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan dalam laporan laba rugi]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan dan administrasi]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan dan produksi]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan di bareksa]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan di lazada]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan emas shopee]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan emas tokopedia]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan itemku]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan meliputi]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan reksadana]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan reksadana di bareksa]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan rumah]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan saham di ipot]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan shopee]]></category><category><![CDATA[biaya penjualan tokopedia]]></category><category><![CDATA[biaya pokok penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[bisnis]]></category><category><![CDATA[contoh biaya pemasaran adalah]]></category><category><![CDATA[contoh biaya pemasaran administrasi dan umum]]></category><category><![CDATA[contoh biaya pemasaran brainly]]></category><category><![CDATA[contoh biaya pemasaran variabel]]></category><category><![CDATA[contoh biaya penjualan]]></category><category><![CDATA[contoh biaya penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[contoh biaya penjualan dan administrasi]]></category><category><![CDATA[contoh biaya penjualan dan administrasi adalah]]></category><category><![CDATA[contoh biaya promosi penjualan]]></category><category><![CDATA[harga penjualan adalah]]></category><category><![CDATA[harga penjualan kalkulator mini rp120.000]]></category><category><![CDATA[pengertian biaya pemasaran]]></category><category><![CDATA[pengertian biaya pemasaran dan contohnya]]></category><category><![CDATA[pengertian biaya pemasaran menurut para ahli]]></category><category><![CDATA[pengertian biaya penjualan]]></category><category><![CDATA[pengertian biaya penjualan dan contohnya]]></category><category><![CDATA[pengertian biaya penjualan langsung]]></category><guid isPermaLink="false">/?p=8033</guid><description><![CDATA[Berbagai bisnis menggunakan biaya penjualan dalam akuntansi internal mereka untuk mengukur berapa banyak yang dihabiskan untuk menghasilkan barang yang dapat dijual. Memiliki angka yang akurat untuk biaya penjualan Anda sangat penting untuk menentukan anggaran, pajak, dan kesehatan keuangan perusahaan Anda secara keseluruhan. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu harga pokok penjualan, apa saja &#8230;]]></description><content:encoded><![CDATA[<p>Berbagai bisnis menggunakan biaya penjualan dalam akuntansi internal mereka untuk mengukur berapa banyak yang dihabiskan untuk menghasilkan barang yang dapat dijual. Memiliki angka yang akurat untuk biaya penjualan Anda sangat penting untuk menentukan anggaran, pajak, dan kesehatan keuangan perusahaan Anda secara keseluruhan. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu harga pokok penjualan, apa saja yang termasuk di dalamnya, cara menghitungnya, dan cara menggunakannya dalam laporan keuangan.</p><h3>Apa itu biaya penjualan?</h3><p>Biaya penjualan adalah total semua pengeluaran yang dilakukan untuk membuat produk atau layanan yang telah dijual kepada pelanggan. Ini mengukur kemampuan entitas bisnis untuk memahami suatu produk, sumbernya dan memproduksinya dengan biaya yang wajar.</p><p>Istilah, biaya penjualan, dapat dipertukarkan dengan &#8220;harga pokok penjualan&#8221; dan &#8220;biaya pendapatan&#8221;, tetapi bisnis tertentu mungkin lebih memilih satu istilah daripada yang lain, berdasarkan industri mereka. Dalam beberapa kasus di mana bisnis menawarkan barang dan jasa, mereka dapat merujuk pada biaya penjualan dan harga pokok penjualan pada laporan keuangan mereka. Sebagai contoh:</p><ul><li>Pengecer biasanya menggunakan istilah biaya penjualan untuk melacak penjualan barang dagangan mereka.</li><li>Produsen lebih cenderung menggunakan istilah harga pokok penjualan untuk melacak produk mereka.</li><li>Perusahaan yang hanya menawarkan layanan, seperti firma hukum, dapat menggunakan biaya penjualan atau biaya pendapatan.</li></ul><p>Harga pokok penjualan berkaitan erat dengan biaya produk karena banyak elemen yang sama membentuk keduanya. Namun, biaya penjualan muncul pada laporan laba rugi sementara biaya produk muncul di neraca sebagai persediaan.</p><h3>Apa yang harus dimasukkan dalam biaya penjualan?</h3><p>Biaya penjualan melibatkan semua biaya yang terkait langsung dengan pembuatan atau penjualan produk. Harga pokok penjualan selalu mencakup tenaga kerja langsung dan bahan langsung. Dalam beberapa kasus, biaya penjualan juga dapat mencakup biaya komisi yang diterima beberapa karyawan, asalkan karyawan tersebut bertanggung jawab langsung untuk menjual produk kepada pelanggan.</p><p>Beberapa entitas juga dapat menghitung biaya overhead, penjualan dan distribusi jika hal-hal tersebut secara langsung bertanggung jawab untuk mengantarkan produk ke konsumen, meskipun tergantung pada situasinya:</p><ul><li>Jika biaya overhead, seperti penyimpanan, dihitung sebagai bagian dari biaya produksi, biaya tersebut juga merupakan bagian dari biaya penjualan.</li><li>Seorang wiraniaga mungkin secara langsung bertanggung jawab untuk tidak hanya mempromosikan suatu produk tetapi juga membawanya ke tangan konsumen. Jadi, setiap pengeluaran untuk perjalanan, kamar, dan makan wiraniaga tersebut merupakan bagian dari biaya penjualan.</li><li>Dalam situasi titik pengiriman barang di atas kapal (FOB), pelanggan membayar biaya distribusi. Jika pengecer adalah pelanggan, mereka akan menghitung biaya itu di neraca mereka.</li><li>Dalam situasi tujuan FOB, penjual mengasumsikan biaya pengiriman dan akan menghitung biaya itu di neraca mereka.</li></ul><h3>Apa yang harus dikeluarkan dari biaya penjualan?</h3><p>Biaya penjualan perusahaan umumnya tidak termasuk biaya umum dan administrasi (G&amp;A) dan biaya departemen pemasaran bisnis. Dalam beberapa kasus, pengeluaran departemen penjualan tidak termasuk dalam biaya penjualan. Berikut beberapa alasannya:</p><ul><li>Sulit untuk mengukur bagaimana biaya G&amp;A mempengaruhi harga karena mereka secara tidak langsung terkait dengan pembuatan atau penjualan kembali produk.</li><li>Sementara departemen penjualan dan pemasaran mempromosikan penjualan produk, dalam banyak kasus, keduanya secara tidak langsung terkait dengan pembelian konsumen yang sebenarnya.</li><li>Perusahaan akan mengecualikan biaya distribusi jika mereka adalah pelanggan dalam situasi tujuan FOB atau penjual dalam situasi titik pengiriman FOB.</li></ul><h3>Bagaimana menggunakan biaya penjualan dalam pelaporan keuangan</h3><p>Biaya penjualan muncul di dekat bagian atas laporan laba rugi. Namun, beberapa nilainya pertama kali dicatat dalam berbagai akun di neraca. Banyak bisnis dapat mencatat biaya penjualan mereka dengan cara ini ketika menggunakan sistem persediaan periodik.</p><p>Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan harga pokok penjualan dalam pelaporan keuangan:</p><ul><li>Catat harga pokok penjualan sebagai pembelian di neraca. Produsen menghitung biaya produk sebagai persediaan sebagai langkah pertama. Beberapa jenis bisnis lain mencatat biaya barang yang dibeli di akun piutang di neraca mereka. Ini menciptakan debit ke akun piutang dan kredit ke akun hutang.</li><li>Catat harga pokok penjualan sebagai persediaan di neraca. Pada akhir periode pelaporan, bisnis yang menghitung harga pokok penjualan sebagai pembelian menggeser saldo akun piutangnya ke akun persediaannya. Ini menciptakan debit ke akun persediaan dan kredit ke akun piutang.</li><li>Bandingkan saldo persediaan. Akhirnya, perusahaan akan membandingkan saldo buku dalam akun persediaan dengan jumlah sebenarnya dalam persediaan. Selisihnya adalah debit ke akun harga pokok penjualan dan kredit ke akun persediaan.</li><li>Pindahkan saldo harga pokok penjualan ke laporan laba rugi. Harga pokok penjualan dapat muncul pada laporan laba rugi bulanan atau tahunan.</li></ul><p>Untuk membuat perhitungan cepat untuk harga pokok penjualan, Anda dapat menggunakan rumus ini:</p><p><strong>Harga Pokok Penjualan = Persediaan Awal + Pembelian – Persediaan Akhir</strong></p><p>Ini membantu mentransfer biaya ke laporan laba rugi, tetapi Anda akan memerlukan lebih banyak informasi untuk menghitung total biaya penjualan.</p><h3>Bagaimana menghitung total biaya penjualan</h3><p>Untuk mengetahui total biaya penjualan, bisnis mungkin mengambil langkah-langkah utama berikut:</p><ul><li>Lacak semua pengeluaran bahan langsung. Perusahaan manufaktur pertama-tama menentukan berapa banyak bahan langsung yang digunakan untuk memproduksi barang untuk dijual. Pengecer menentukan berapa biaya untuk membeli produk untuk dijual kembali dan termasuk biaya titik pengiriman FOB.</li><li>Lacak semua pengeluaran tenaga kerja langsung. Perusahaan harus memasukkan semua gaji, komisi, dan bonus yang dibayarkan kepada karyawan yang bertanggung jawab langsung untuk menjual produk dan mengirimkannya ke pelanggan.</li><li>Catat semua angka penjualan. Perusahaan harus melacak semua penjualan yang mereka lakukan selama periode tertentu untuk memastikan pelaporan keuangan yang akurat.</li><li>Hitung penjualan bersih. Jika ada pengembalian, perusahaan harus menguranginya dari jumlah total penjualan untuk menghitung penjualan bersih.</li><li>Bandingkan biaya penjualan dengan penjualan bersih. Bisnis mengurangi jumlah dolar dari biaya penjualan dari penjualan bersihnya untuk menemukan margin laba kotornya.</li></ul><h3>Contoh harga pokok penjualan pada laporan keuangan</h3><p>Dalam contoh ini, Toko Eceran Jerry baru saja membeli sekotak 50 T-shirt, dan masing-masing toko seharga $10. Pemilik toko, Jerry, pertama-tama harus mencatat biaya kaos di neraca selama satu bulan, kemudian mentransfer harga pokok penjualan setelah akhir bulan berikutnya. Jerry mungkin menjual jenis barang dagangan lainnya selama bulan tersebut, tetapi untuk contoh ini, kami hanya akan melacak penjualan T-shirt, seperti yang terlihat di area dengan aset jangka pendek dan semua kewajiban.</p><h4>Beli di neraca</h4><p>Ini adalah bagaimana bagian dari neraca Jerry terlihat pada akhir Oktober.</p><table width="567"><thead><tr><td colspan="4"><strong>Jerry&#8217;s Retail Shop</strong><strong><br />November 1</strong></td></tr></thead><tbody><tr><td colspan="2"><strong>Assets</strong></td><td colspan="2"><strong>Liabilities</strong></td></tr><tr><td colspan="2">Current assets</td><td colspan="2">Current liabilities</td></tr><tr><td>Cash</td><td>$15,000</td><td>Accounts payable</td><td>$11,000</td></tr><tr><td>Accounts receivable</td><td>$10,050</td><td>Accrued Expenses</td><td>$2,039</td></tr><tr><td>Prepaid rent</td><td>$1,259</td><td>Unearned revenue</td><td>$2,074</td></tr><tr><td>Inventory</td><td>$1,000</td><td>Total current liabilities</td><td>$4,113</td></tr><tr><td>Total current assets</td><td>$27,309</td><td>Long-term liabilities</td><td>$6,961</td></tr><tr><td></td><td></td><td>Total liabilities</td><td>$26,187</td></tr></tbody></table><p>Jerry mengakhiri bulan dengan hutang $11.000 kepada kreditur, jadi hutang usaha adalah $11.000.</p><p>Pada awal November, dia memesan 50 T-shirt dengan nilai total $500. Jika Jerry menaikkan harga untuk setiap kemeja menjadi $20 masing-masing, itu adalah nilai $1.000. Dia akan mendebit jumlah itu dari akun piutangnya dan mengkreditnya ke akun hutangnya.</p><table width="567"><thead><tr><td colspan="4"><strong>Jerry&#8217;s Retail Shop</strong><strong><br />November 1</strong></td></tr></thead><tbody><tr><td colspan="2"><strong>Assets</strong></td><td colspan="2"><strong>Liabilities</strong></td></tr><tr><td colspan="2">Current assets</td><td colspan="2">Current liabilities</td></tr><tr><td>Cash</td><td>$15,000</td><td>Accounts payable</td><td>$12,000</td></tr><tr><td>Accounts receivable</td><td>$9,050</td><td>Accrued Expenses</td><td>$2,039</td></tr><tr><td>Prepaid rent</td><td>$1,259</td><td>Unearned revenue</td><td>$2,074</td></tr><tr><td>Inventory</td><td>$1,000</td><td>Total current liabilities</td><td>$4,113</td></tr><tr><td>Total current assets</td><td>$26,309</td><td>Long-term liabilities</td><td>$6,961</td></tr><tr><td></td><td></td><td>Total liabilities</td><td>$27,187</td></tr></tbody></table><h4>Inventaris</h4><p>Pada akhir bulan, Jerry menjual setengah dari T-shirt yang dibelinya. Itu berarti dia memiliki setengah persediaan yang tersisa. Untuk mencerminkan hal ini pada neracanya, Jerry akan memindahkan $500 dari akun hutang ke akun persediaannya. Karena Jerry hanya menjual setengah dari T-shirt-nya, dia memiliki persediaan senilai $1.500 di akhir bulan.</p><table width="567"><thead><tr><td colspan="4"><strong>Jerry&#8217;s Retail Shop</strong><strong><br />November 1</strong></td></tr></thead><tbody><tr><td colspan="2"><strong>Assets</strong></td><td colspan="2"><strong>Liabilities</strong></td></tr><tr><td colspan="2">Current assets</td><td colspan="2">Current liabilities</td></tr><tr><td>Cash</td><td>$15,000</td><td>Accounts payable</td><td>$11,500</td></tr><tr><td>Accounts receivable</td><td>$9,050</td><td>Accrued Expenses</td><td>$2,039</td></tr><tr><td>Prepaid rent</td><td>$1,259</td><td>Unearned revenue</td><td>$2,074</td></tr><tr><td>Inventory</td><td>$1,500</td><td>Total current liabilities</td><td>$4,113</td></tr><tr><td>Total current assets</td><td>$26,809</td><td>Long-term liabilities</td><td>$6,961</td></tr><tr><td></td><td></td><td>Total liabilities</td><td>$26,687</td></tr></tbody></table><h4>Laporan laba rugi</h4><p>Setelah membandingkan persediaan buku dengan persediaan sebenarnya, Jerry tidak menemukan perbedaan, jadi sekarang dia akan menghitung harga pokok penjualan. Sejak dia memulai dengan persediaan $1.000, pembeliannya memiliki nilai akhir $1.000 dan dia berakhir dengan persediaan $1.500, seperti inilah biaya penjualannya:</p><p>Harga Pokok Penjualan = Persediaan Awal + Pembelian – Persediaan Akhir</p><p>Biaya Penjualan = $1.000 + $1.000 &#8211; $1500 = $500</p><p>Dia akan menandai ini dalam laporan laba ruginya.</p><table width="567"><thead><tr><td colspan="2"><strong>Cost of goods sold</strong></td></tr></thead><tbody><tr><td><strong>Direct materials</strong></td><td><strong>$8,950</strong></td></tr><tr><td>Labor</td><td>$1,000</td></tr><tr><td>Indirect materials</td><td>$250</td></tr><tr><td>Other</td><td>$1,100</td></tr><tr><td>Shipping</td><td>$250</td></tr><tr><td>Total costs of goods sold</td><td>$11,550</td></tr></tbody></table><p>Jumlah $500 ditambahkan ke baris &#8220;Bahan langsung&#8221;:</p><table width="567"><thead><tr><td colspan="2"><strong>Cost of goods sold</strong></td></tr></thead><tbody><tr><td><strong>Direct materials</strong></td><td><strong>$9,450</strong></td></tr><tr><td>Labor</td><td>$1,000</td></tr><tr><td>Indirect materials</td><td>$250</td></tr><tr><td>Security</td><td>$1,500</td></tr><tr><td>Other</td><td>$1,100</td></tr><tr><td>Shipping</td><td>$250</td></tr><tr><td>Total costs of goods sold</td><td>$12,050</td></tr></tbody></table>]]></content:encoded></item></channel></rss>